IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Mudah Membuat Manisan Buah Tin Kering - Petani Tin Karawang

Header Ads

Cara Mudah Membuat Manisan Buah Tin Kering

Petani Tin Karawang - Manisan buah tin rasanya memang wow, sensainya juga wadaw! Cara membuat manisan buah tin terbilang mudah. Sebelumnya manisan buah tin bisa dibuat menjadi manisan buah tin kering atau manisan buah tin berkuah (basah).

Kali ini, kita akan berbagi mengenai cara membuat manisan buah tin kering. Mana yang lebih sedap antara manisan kering dan basah? Itu tergantung selera, saya sih lebih suka manisan buah tin kering. Hehehe.

Cara Membuat Manisan Buah Tin Kering


Satu lagi, untuk membuat manisan buah tin kering Anda butuh buah tin yang sudah matang, itu bedanya dengan manisan buah tin berkuah. Kalau manisan buah tin basah/berkuah bisa dibuat dengan memakai buah tin muda.

Seberapa lama manisan buah tin kering bisa bertahan? Wow! Ternyata manisan buah tin kering yang dibuat dengan sempurna masih aman untuk dikonsumsi sampai dua tahun. Luar biasa!

Cara Membuat Manisan Buah Tin Kering

  • Pilih buah tin matang dan usahakan ukurannya kompak, supaya keringnya juga kompak
  • Belah buah tin menjadi dua bagian yang sama
  • Simpan buah tin yang sudah dibelang di dalam baki untuk dijemur
  • Jemur buah tin di bawah sinar matahari langsung selama 4-7 hari
  • Pastikan jemuran buah tin disimpan ke dalam rumah ketika malam
  • Tanda buah tin yang sudah kering yaitu ketika ditekan tidak lagi mengeluarkan air gula

Apakah pengeringannya harus memakai sinar matahari, tidak bisakah memakai oven? Tentu bisa! Bila Anda memiliki oven di rumah, memang lebih mudah mengeringkan tin dengan oven. Lakukan pengovenan selama 8-10 jam dengan suhu 60 derajat Celcius.

Bila buah tin tidak lagi mengeluarkan air ketika ditekan, itu artinya proses pengeringan telah berjalan sempurna.

petani tin karawang

Setelah Anda melakukan semua cara di atas, kini waktunya menghidangkan manisan buah tin kering di meja makan keluarga Anda. Sisanya bisa disimpan dalam jar, untuk dikonsumi besok lusa. Selamat mencoba.

Sumber gambar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqVKxNTFV5zwjZptrCQUNk5WmaLlZvp8zYkk-fVi2uui63asUVKq9O6TaCgMJiroytVrkGP3pMCneNlZRfiL6Gk_sscve24Qdbk8TNRMmPBz5TfKMiHiQBCCRI-QA7WITePR0Qak7A4_w/s1600/fig+aphrodisiac.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.