IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan (Lambung, Gusi, Bisul, Menstruasi, dan ASI) - Petani Tin Karawang

Header Ads

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan (Lambung, Gusi, Bisul, Menstruasi, dan ASI)

Petani Tin & Zaitun (Karawang) - Dari sekian banyak manfaat buah tin, salah satunya adalah manfaat buah tin untuk penyakit usus/lambung dan manfaat lainnya. Tulisan ini disarikan dari Pola Makan Rasulullah SAW, Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid.

Manfaat buah tin bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah tin secara langsung, dikeringkan, maupun dicampur dengan bahan makanan lain seperti zaitun, madu, dan susu.

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan


Bagi Anda yang memiliki masalah lambung yang ditandai dengan rasa mual atau perih pada bagian lambung, buah tin bisa menjadi solusinya. Gejala di atas merupakan tanda bahwa lambung Anda sedang memproduksi asam yang berlebihan. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan telat makan sehingga lambung menjadi kosong.

Bila keadaan tersebut sudah berlangsung lama, bahkan menahun, Anda mungkin bisa mencoba mengobatinya dengan memanfaatkan buah tin.

Manfaat Buah Tin untuk Penyakit Lambung
Potong 6-7 buah tin kering, lalu tenggelamkan dalam minyak zaitun, dicampur beberapa potong jeruk nipis, lalu biarkan selama satu malam penuh dan potongan-potongan buah tin ini bisa dimakan beserta airnya pada pagi hari.

Manfaat Buah Tin untuk Menyembuhkan Bisul
Balutkan buah tin yang kering yang telah dididihkan dengan susu. Buah tin dididihkan terlebih dahulu dengan tujuan untuk memecah buah tin yang kering agar terbuka bagian dalamnya. Didihkan selama beberapa menit dengan susu biasa (bila ada gunakan susu murni).

Setelah dingin, tutuplah bisul dengan bagian dalam buah tin lalu ikat dengan kain agar buahnya tidak bergeser atau jatuh karena aktifitas fisik. Lakukan sampai bisul menjadi matang dan siap dikeluarkan matanya.

Manfaat Buah Tin untuk Masalah Menstruasi
Bagi kaum perempuan, salah satu masalah yang umum dihadapi yaitu menstruasi yang tidak teratur. Bila ya Anda mengalami hal tersebut, mungkin Anda bisa mencoba pengobatan memakai buah tin.

petani tin karawang, jual buah tin

Didihkan 25-30 daun tin dalam satu liter air, lalu minum. Ramuan ini untuk mengobati batuk juga gangguan haid, dan melancarkan haid. Ramuan ini berfungsi juga untuk obat kumur dan menyembuhkan peradangan pada gusi.

Manfaat Buah Tin untuk Memperlancar ASI*
Buah tin juga bermanfaat untuk ibu menyusui karena dapat memperlancar ASI. Cara membuatnya juga terbilang mudah, Anda hanya butuh 3-5 buah tin kering dan seduh dengan air panas atau rebus sampai mendidih.

Buah rebusannya bisa dikonsumsi secara langsung begitupun air rebusannya bisa diminum sampai habis saja.

Nah, demikian beberapa manfaat buah tin dan cara meramunya untuk dijadikan obat herba yang sehat dan bebas kimia. Sebaiknya sebelum melakukan semua pengobatan di atas konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Semoga bermanfaat :)

Refernsi :
an-Nabatat ath Thibbiyyah, Dr. Musthafa.
Pola Makan Rasulullah saw., Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid.

Sumber gambar:
https://cdn.shopify.com/s/files/1/1021/8371/products/TPM2_008.jpg?v=1493358618

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.